Kalendar : Refleksi Kedekatan Langit dan Manusia

Dr. Moedji Raharto

Tulisan ini merupakan ringkasan dari kegiatan “Seri Kuliah Umum FMIPA” yang dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2017 dengan pembicara Dr. Modji Raharto, dari Kelompok Keilmuan Astronomi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung, dengan judul presentasi : “Kalendar: Refleksi Kedekatan Langit dan Manusia”. 

Dr. Moedji menyampaikan pengantar fungsi dan definisi kalender : Kalender adalah sebuah sistem pencatat waktu dalam jangka panjang sebagai sebuah sistem pencatat waktu ada acuan dan ada aturan-aturan yang menyertainya. Misalkan kalender Masehi, kalender Matahari : sebagai acuan tahun tropis rata-rata Matahari, siklus Matahari, siklus Matahari berada di arag vernal-equinox dua kali berurutan, 1 tahun tropis rata-rata 366,2422 hari. Fenomena ketika matahati di ekuinok, selang waktu siang dan malam terbagi dua sama panjang.

Dalam presentasinya, Dr. Moedji juga menyampaikan aturan kalender masehi sebelum reformasi (tahun 1582). Disampaikan bahwa kalender masehi terdiri dari 12 bulan (Januari, Februari hingga Desember). Jumlah hari dalam sebluna ditetapkan 28, 29, 30, dan 31 hari. Satu hari tahun basit/pendek atau 366 hari pada tahun kabisat/panjang. Tahun kabisat adalah tahun yang dibagi 4, bulan Februari terdiri dari 29 hari pda tahun kabisat dan 28 hari bila berada pada tahunbasit. Selain itu Dr. Moedji juga memberikan contoh aturan kalender pada kalender Hijriah. Pada bagian lain beliau juga nenberikan contoh Hisab hakiki, kalender hujriah hakiki, fasa bulan, siklus sinodis bulan, geometri sabit bulan, beliau juga menampilkan data awal bulan hijriah selama tahun 2017, data hari libur nasional 2017,  data hari besar agama hindu, budha.

Pada bagian penutup beliau memberikan konklusi yaitu : sistem kalender berawal dari kedekatan manusia dengan langit dan fenomena langit; fenomena siang malam merupakan fenomena harian yang jelas dapat dirasakan perubahannya, dan juga perubahan gradual bulanan fasa bulan maupun musim tahunan.

 

Posted in Berita | Leave a comment

Seri Kuliah Umum FMIPA 2015

This gallery contains 1 photo.

Seri Kuliah Umum FMIPA 2015 telah dilaksanakan sesuai jadwal yaitu pada hari Sabtu, 28 November 2015, bertempat di Auditorium Campus Center Timur ITB. Tema dari seri kuliah umum ini adalah “Memahami Alam Semesta”. Acara diawali dengan pendaftaran ulang para peserta, … Continue reading

More Galleries | Leave a comment

Home Coming ITB 2015

Selamat pagi pak, begitu yang di ucapkan security ketika saya akan memasuki gerbang motor sambil menyerahkan secarik kertas ukuran A5, hal itu sudah biasa dilakukan oleh UPT Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (UPT K3L ITB).  Kegiatan ini dilakukan agar seluruh warga kampus mengetahui bahwa di dalam kampus akan di gelar suatu acara, serta untuk memberitahu di daerah mana saja kegiatan tersebut akan dilaksanakan, serta tempat-tempat mana saja yang akan di tutup aksesnya, juga untuk mengatur perparkiran di dalam kampus.

Ketika tiba di kantor dan dibaca dengan seksama secarik kertas tadi yaitu berupa surat edaran yang dalam isinya memberitahukan kepada warga kampus bahwa pada hari Sabtu dan Minggu, 7 dan 8 November 2015 di dalam kampus dan daerah sekitarnya akan diadakan acara Home Coming bagi para alumni ITB. Disebutkan pula bahwa ada penutupan akses jalan, serta penutupan area parkir Labtek V dan Labtek VIII untuk pemasangan tenda, sehingga area tersebut tidak bisa dipergunakan untuk parkir. Informasi jalur kendaraan juga dimsapaikan dalam surat edaran ini.

Selamat datang para alumni di kampus tercinta.

Posted in Berita | Leave a comment

Kuliah Umum FMIPA

Pada hari Sabtu, 28 November 2015 akan diadakan seri kuliah umum dengan 4 pembicara yaitu :

  1. Prof. Dr. Taufiq Hidayat, “Berburu Planet-Planet di Bintang Lain”
  2. Prof. Dr.rer.nat Bobby Eka Gunara : “Teori Unifikasi dan Materi Gelap”
  3. Dr. Johan M. Tuwankota : “Chaos versus Keteraturan Atmosferik”
  4. Dr.rer.nat. Rino R. Mukti : “Kimia Terinspiras Alam”

Kuliah umum ini akan dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan selesai, bertempat di Auditorium Campus Center Timur ITB, Jl. Ganesa 10 Bandung.

Berhubung kapasitas ruangan terbatas, bagi yang berminat untuk mengikuti seri kuliah umum ini diharapkan mendaftar terlebih dahulu melalui e-mail ke : dede@fi.itb.ac.id, dengan Subjek Kuliah Umum, dan mencantumkan nama, Instansi, dan. Peserta tidak dipungut biaya. Panitia tidak memberikan sertifikat.

 

 

 

Posted in Berita | Leave a comment