Kalendar : Refleksi Kedekatan Langit dan Manusia

Dr. Moedji Raharto

Tulisan ini merupakan ringkasan dari kegiatan “Seri Kuliah Umum FMIPA” yang dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2017 dengan pembicara Dr. Modji Raharto, dari Kelompok Keilmuan Astronomi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung, dengan judul presentasi : “Kalendar: Refleksi Kedekatan Langit dan Manusia”. 

Dr. Moedji menyampaikan pengantar fungsi dan definisi kalender : Kalender adalah sebuah sistem pencatat waktu dalam jangka panjang sebagai sebuah sistem pencatat waktu ada acuan dan ada aturan-aturan yang menyertainya. Misalkan kalender Masehi, kalender Matahari : sebagai acuan tahun tropis rata-rata Matahari, siklus Matahari, siklus Matahari berada di arag vernal-equinox dua kali berurutan, 1 tahun tropis rata-rata 366,2422 hari. Fenomena ketika matahati di ekuinok, selang waktu siang dan malam terbagi dua sama panjang.

Dalam presentasinya, Dr. Moedji juga menyampaikan aturan kalender masehi sebelum reformasi (tahun 1582). Disampaikan bahwa kalender masehi terdiri dari 12 bulan (Januari, Februari hingga Desember). Jumlah hari dalam sebluna ditetapkan 28, 29, 30, dan 31 hari. Satu hari tahun basit/pendek atau 366 hari pada tahun kabisat/panjang. Tahun kabisat adalah tahun yang dibagi 4, bulan Februari terdiri dari 29 hari pda tahun kabisat dan 28 hari bila berada pada tahunbasit. Selain itu Dr. Moedji juga memberikan contoh aturan kalender pada kalender Hijriah. Pada bagian lain beliau juga nenberikan contoh Hisab hakiki, kalender hujriah hakiki, fasa bulan, siklus sinodis bulan, geometri sabit bulan, beliau juga menampilkan data awal bulan hijriah selama tahun 2017, data hari libur nasional 2017,  data hari besar agama hindu, budha.

Pada bagian penutup beliau memberikan konklusi yaitu : sistem kalender berawal dari kedekatan manusia dengan langit dan fenomena langit; fenomena siang malam merupakan fenomena harian yang jelas dapat dirasakan perubahannya, dan juga perubahan gradual bulanan fasa bulan maupun musim tahunan.

 

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create