JAJALINPUS 04112015

Udara pagi di kampus terasa sejuk setelah kawasan kampus diguyur hujan sore kemarin. Genangan air di beberapa tempat di tepi jalan masih tampak menandakan hujan yang cukup deras. Setelah beberapa hari yang panas menyengat di Bandung, hujan kemarin sore mudah-mudahan menjadi tanda datangnya musim hujan.

Sejak semalam sebenarnya saya berencana untuk keliling SORGA (Sarana Olah RaGA) alias SARAGA mumpung hari Rabu saya tidak ada jadwal kuliah. Tapi apa daya, lupa membawa perlengkapan standar untuk menikmati suasana di SORGA sehingga diputuskanlah bahwa pagi ini levelnya hanya JAJALINPUS alias JAlan JAlan keLIling kamPUS.

ITB giat membangun sejak tahun lalu. Beberapa gedung besar-besar telah selesai dibangung. Ada CADL, CAS, Museum Energi, dan lain sebagainya. Pagi ini (nampaknya sudah sejak dua atau tiga minggu yang lalu) sedang dimulai pula pembangunan di pojok Barat Laut kampus, tepat di seberang kawasan BATAN Bandung. Jika dilihat dari nama proyek yang terpampang di papan yang dipasang, ini adalah pembangunan LABTEK XIV. Wow… banyak LABTEK di ITB. Kawasan yang dibangun ini adalah dulunya eks UPTOR (UPT Olah Raga) yang beralih jadi kantin BARAT LAUT dan juga TOKEMA.

Pembangunan LABTEK XIV

Banyak gedung baru di ITB artinya luasan bangunan di ITB bertambah cukup signifikan. Bahkan sekira tahun lalu saat dimulainya pembangunan beberapa gedung yang besar pimpinan ITB menyampaikan bahwa jika gedung-gedung baru itu telah selesai maka luas bangunan di ITB menjadi dua kali lipat. Ditambahkan pula mestinya tidak ada lagi keluhan tentang kurang ruang. Tapi ironisnya ruang kuliah makin tidak memadai saat ini. Permintaan tambahan ruang untuk pelaksanaan ujian tengah semester tidak lagi bisa dipenuhi. Akibatnya ujian tengah semester dilaksanakan di ruang yang biasa digunakan untuk kuliah. Mahasiswa berdesakan saat ujian, mestinya tidak demikian. Memang gedung baru bertambah, luas bangunan dan lantai bertambah menjadi dua kali lipat tapi tidak ada gedung khusus untuk kuliah. Gedung-gedung baru itu berisi kantor, lab, ruang-ruang pertemuan yang kecil bukanlah GKU (Gedung Kuliah Umum). Ruang-ruang yang katanya dapat dipergunakan untuk kuliah hanyalah diselipkan di bagian-bagian tertentu gedung baru itu. ITB sudah 25 tahun tanpa GKU baru. Wajar saja susah mencari ruangan untuk kegiatan perkuliahan dan ujian.

Masa-masa ujian tengah semester, spanduk semacam ini muncul lagi

Spanduk khusus ujian

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create