Flash Ponsel xperia minipro sk17i

Lama tidak menulis, kali ini saya akan membuat dokumentasi cara mem-flash ponsel xperia minipro sk17i, ponsel android pertama saya yang mungil, kekar, dan fungsional (dilengkapi dengan slide keyboard). Sejak beberapa pekan lalu, ponsel ini restart terus menerus (selama baterainya belum kosong). Gejala pernah terjadi beberapa kali dengan awal yang sama: saat mencoba menyalakan bluetooth. Cari-cari di internet, ternyata banyak orang yang mengalami masalah yang sama, dengan sebab yang sama.

Hard Reset. Umumnya ponsel android bisa disetel ulang (reset) dengan menekan kombinasi tertentu dari tombol power dan volume naik/turun. Beberapa artikel menyajikan cara tersebut dan berhasil untuk mereka. Saat saya coba, ternyata gagal.

Sony PC Companion. Cara selanjutnya adalah menggunakan PC companion, perangkat lunak bawaan sony yang tertanam di dalam ponsel. Saat ponsel terhubung dengan komputer (dengan OS windows) ponsel akan menawarkan untuk menginstall aplikasi tersebut di komputer. Aplikasi tersebut juga tersedia di website sony. Sayangnya, mereka tidak menyediakan aplikasi tersebut untuk linux (saya tidak pakai windows). Sudah install PC companion untuk windows menggunakan wine di linuxmint saya, namun tidak bekerja dengan baik. Saya kemudian meminjam komputer lain dengan windows di dalamnya. PC companion terinstall dan bekerja dengan baik, namun saat menggunakan menu repair ponsel, proses terhenti dengan error (katanya ada masalah dengan jaringan internet yang digunakan). Dicoba beberapa kali, mengatur proxy, dll, tetap tidak bisa.

FlashTool. Pak Aghust, kawan saya di fisika, menyarankan pakai flashtool, suatu aplikasi untuk memmprogram ulang ponsel. Beliau bahkan mengunduhkan file yang diperlukan, yaitu FlashTool dan firmware (semacam OS yang akan ditanam di ponsel). Saya coba di komputer windows, namun selalu berakhir dengan error, dengan pesan mengindikasikan ada masalah dengan file firmware yang akan ditanam. Akhirnya saya unduh FlashTool untuk linux dan melakukan hal yang sama seperti sebelumnya, menggunakan firmware yang sama. Hasilnya? berhasil, alhamdulillaah.

Beberapa artikel terkait penggunaan FlashTool di linux antara lain:

  • http://duopetalflower.blogspot.co.id/2012/08/flashtool-in-ubuntu-linux.html
  • http://www.30menit.com/xperia-mini-pro-sk17i-original-firmware.html

 

This entry was posted in ponsel and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Flash Ponsel xperia minipro sk17i

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>