Relokasi teleskop transit BMG

Foto bersama usai pelatihan 10 Juli 2008Bukit Jayanti, Pelabuhan RatuTanggal 18 Juni, dan 8-10 Juli 2008 saya, Hanindyo Kuncarayakti dan Asep Rosana bersama staf muda BMG memindahkan, memasang dan mengadakan pelatihan operasi dan perawatan teleskop transit BMG. Pemindahan dilakukan dari jalan Angkasa, Jakarta Utara ke Stasiun Geofisika, Jayanti, Pelabuhan Ratu. Proses relokasi ini meliputi pembongkaran sliding roof building, teleskop, motor, kamera CCD dan peripherals lain. Sementara itu di lokasi Jayanti infreastruktur meliputi bangunan dasar, listrik disiapkan.

Bersama 5 staf muda BMG, a.l. Azis, Arafah, pak Nana, Sofyan kami memasang, menguji dan melakukan pelatihan operasi dan perawatan.

Kondisi gedung belum sepenuhnya rampung. Apalagi supply listrik masih amat terbatas. Namun demikian pengamatan dasar drift scan imaging dapat dilakukan, karena cuaca tidak buruk.

Di akhir kunjungan saya menyerahkan sertifikat pelatihan kepada masing-masing peserta. Ada harapan kiranya para staf muda BMG yang enerjik ini dapat mengoperasikan dan mengambil data di lokasi yang baru ini.

Leave a Reply

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create