NIP baru

Pegawai Negeri Sipil mendapatkan NIP (Nomor Induk Pegawai) yang baru. NIP yang lama terdiri dari 9 digit yang tiga digit pertama menyatakan instansi (DepDiknas, DepDagri, DepAg dan sebagainya). NIP yang baru terdiri dari 18 digit angka! Meskipun sedemikian banyak digit angka yang digunakan namun mengingatnya sangat mudah (bagi yang bersangkutan). 8 digit pertama menyatakan tahun, bulan dan tanggal lahir dan dinyatakan dalam format YYYYMMDD. 6 digit berikutnya menyatakan tahun dan bulan pengangkatan sebagai CPNS dan dinyatakan dalam bentuk YYYYMM. Satu digit kemudian menyatakan jenis kelamin yaitu 1 untuk laki-laki dan 2 untuk perempuan. 3 digit terakhir menyatakan nomor urut (ini yang belum jelas benar, urutan apa yang dijadikan acuan). Jadi dalam NIP yang baru ini tidak ada informasi tentang instansi tempat yang bersangkutan bernaung.

Walaupun mudah mengingatnya, namun banyak orang mengeritik penggunaan identitas pribadi (tanggal lahir) dalam NIP yang tentu saja menjadi konsumsi umum. Padahal tanggal lahir merupakan salah satu informasi rahasia yang tidak bisa diinformasikan begitu saja dan tanpa seizin yang bersangkutan. Beberapa pihak juga menilai penggunaan tanggal-tanggal penting tersebut adalah sesuatu yang tidak kreatif.

Entah apa alasannya hingga NIP pegawai negeri di negara ini harus diubah. Proyekkah?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create