Jumlah sks yang wajar

Berapakah jumlah sks mata kuliah yang pantas diampu oleh seorang dosen? Untuk menjawab pertanyaan ini diperlukan hitungan kasar mengenai waktu kerja dan pekerjaan yang dilakukan oleh seorang dosen.

Waktu Kerja

Mari anggap waktu kerja dosen sebagaimana karyawan/ staf umumnya, yaitu 8 jam sehari (tidak termasuk waktu istirahat siang). Jika waktu istirahat siang dialokasikan 1 jam, maka waktu kerja 8 jam sehari berarti mulai jam 8 sampai jam 17. Dalam satu minggu biasanya dihitung sebagai 5 hari kerja karena Sabtu libur, sehingga jumlah jam kerja rata-rata dalam seminggu adalah 40 jam. Ini adalah total jam kerja seminggu yang wajar.

Beban Kerja

Institusi Perguruan Tinggi mengenal 3 darma yang harus diberikan/ dilakukan oleh seorang dosen, yaitu: pengajaran/ pendidikan, penelitian dan pelayanan masyarakat/ pengembangan institusi. Ketiga darma/ aspek inilah yang dinilai dalam setiap kenaikan pangkat. Setiap dosen diharuskan melaksanakan ketiga darma tersebut secara seimbang. Bila diambil acuan pada penilai angka kredit setiap kenaikan jabatan, maka prosentase yang bisa digunakan untuk ketiga darma tersebut misalnya adalah 40% pengajaran, 40% penelitian dan 20% pelayanan masyarakat/ pengembangan institusi. Jadi bisa diambil perkiraan bahwa seharusnya alokasi waktu untuk kegiatan pengajaran/ pendidikan adalah sekitar 16 jam seminggu.

Yang termasuk dalam kegiatan pengajaran/ pendidikan adalah: memberi kuliah (dan juga tutorial) serta pembimbingan tugas akhir mahasiswa dan termasuk juga bentuk pembimbingan lain (KP, kerja mandiri, dlsb). Jika dalam kerangka mahasiswa 1 sks kuliah setara dengan 3 jam aktivitas (tatap muka, kerja mandiri dan kerja terstruktur) maka bagi dosenpun 1 sks setara dengan 3 jam aktivitas (tatap muka, persiapan dan koreksi tugas). Dengan demikian 16 jam kegiatan pengajaran/ pendidikan dapat dianggap sebagai 5-6 sks kuliah.

Perkiraan kasar di atas bisa sedikit dikoreksi dengan pertimbangan bahwa umumnya aktivitas pengajaran banyak dilakukan pada semester I dan II sedangkan di akhir tahun ajaran (saat libur akhir tahun ajaran umunya tidak ada kegiatan perkuliahan dan banyak diisi dengan kegiatan penelitian, namun pembimbingan TA biasanya tetap berjalan). Dengan pertimbangan ini, maka bobot kegiatan pengajaran dalam satu semester bisa dinaikkan misalnya menjadi 50-60% yang berarti setara dengan 7-8 sks.

Jumlah SKS ideal

Jadi nampaknya jumlah sks mengajar yang wajar bagi seorang dosen (wajar dalam arti agar si dosen tetap dapat melakukan darma yang lain secara seimbang) adalah 6-8 sks persemester. Perlu diingat kembali bahwa jumlah sks ini sudah mencakup bimbingan TA, praktikum dll.

This entry was posted in Opinion. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create