Soal ujian berbentuk EPG

Ujian (tes) dalam bentuk pilihan berganda tentu telah sering dijumpai utamanya di tingkat sekolah menengah ataupun sekolah dasar. Di tingkat perguruan tinggi, yang pernah saya alami, ada beberapa mata kuliah yang soal ujiannya disajikan dalam bentuk pilihan berganda (multiple choice). Matakuliah di tingkat pertama yang soal ujiannya dalam bentuk MC ini misalnya adalah Kimia Dasar, Biologi Umum, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pengetahuan Lingkungan dll. Jika diingat-ingat hampir semua ujian mata kuliah di tingkat pertama disajikan dalam bentuk MC kecuali Fisika Dasar dan Kalkulus. Pada tahap kuliah jurusan di tingkat 2 dan seterusnya, semua ujian matakuliah umumnya adalah berbentuk uraian (essay) dan beberapa ada yang ujiannya berbentuk presentasi, atau laporan, atau membuat program. Namun umumnya tidak ada yang disajikan dalam bentuk pilihan berganda.

Ada beberapa hal yang biasanya menjadi alasan mengapa ujian di tingkat 2 dan seterusnya tidak disajikan dalam bentuk pilihan berganda, di antaranya:

  1. perlu effort yang lebih dalam menyiapkan soal tipe pilihan ganda yang baik
  2. dalam bentuk pilihan berganda, proses dalam menjawab tidak dapat dinilai padahal yang ingin ditekankan adalah proses berpikir, cara menjawab, argumentasi dan tidak sekedar berorientasi pada hasil akhir
  3. soal pilihan berganda dapat dijawab dengan cara gambling alias “hitung kancing”
  4. dlsb.

Padahal, meskipun soal uraian (essay) relatif lebih mudah dalam penyiapannya, namun memerlukan waktu relatif lebih lama dalam pemeriksaan dan pemberian nilai (terlebih lagi untuk kelas besar atau super besar, dengan peserta mencapai 70 – 80 orang atau bahkan lebih, seperti TPB).

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya dapat dirancang suatu sistem evaluasi yang merupakan gabungan dari metode essay dan metode pilihan berganda. Untuk mudahnya dapat disebut sebagai bentuk EPG (bukan EGP!!). Dalam EPG ini, soal ujian dirancang berbentuk pilihan berganda (dapat terdiri dari 5 atau lebih jumlah pilihan). Di antara kelima pilihan tersebut terdapat satu atau lebih jawaban yang benar. Peserta ujian diminta memilih atau menentukan jawaban yang benar dari masing-masng soal. Jika peserta ujian memilih jawaban yang salah sebagai jawaban yang benar maka akan ada penalti berupa pengurangan nilai. Adanya penalti ini diharapkan membuat peserta tidak asal pilih jawaban. Soal yang disajikan secara prinsip sama dengan bentuk soal essay, hanya saja langkah-langkah dalam menjawab soal essay diubah menjadi bentuk pilihan jawaban dalam bentuk pilihan berganda ini.

Dengan bentuk soal EPG ini waktu penilaian dapat dipersingkat, namun langkah-langkah yang ingin dinilai dalam menjawab soal juga dapat terwakili. Bagi peserta ujian, sebenarnya effort yang harus mereka keluarkan sama dengan ketika mereka harus menjawab soal essay. Adanya penalti untuk jawaban yang salah memberikan warning agar peserta ujian tidak gegabah dalam memilih jawaban. Namun dengan adanya penalti tersebut maka dimungkinkan bagi seorang peserta ujian memperoleh nilai total negatif.

Sistem EPG ini nampaknya dapat menjadi alternatif bentuk soal ujian untuk mata kuliah yang jumlah pesertanya sangat banyak seperti Fisika Dasar. Bagi pembuat soal, tetap saja menyiapkan soal dengan tipe uraian yang dilengkapi dengan jawabannya. Nah, jawaban inilah yang kemudian dimodifikasi dan disajikan dalam bentuk pilihan (opsi).

This entry was posted in Education, Opinion. Bookmark the permalink.

2 Responses to Soal ujian berbentuk EPG

  1. Anhar says:

    wah hebat banget, dengan begitu banyak waktu yang bisa dipersingkat..salam kenal yah, sukses selalu untuk ITB.

  2. khbasar says:

    Terima kasih atas komentarnya. Salam kenal juga…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create