S2 Pengajaran di FMIPA-ITB

Ada benang merah yang menarik dari paparan tugas akhir mahasiswa S2 pengajaran Fisika dan Kimia yang dilakukan secara terbuka pada hari Kamis yang lalu di gedung BSCA. Benang merahnya adalah sulitnya menyampaikan materi bidang sains kepada siswa SMA/ MA. Ini sebenarnya bukan hal baru. Banyak hal yang membuat ini terjadi dan salah satu yang paling mudah dijadikan tertuduh adalah “biaya” alias sarana dan prasarana.

Tugas akhir yang dibuat oleh mahasiswa S2 pengajaran tersebut umumnya mencari terobosan untuk mengatasi masalah itu. Jelas, penyampaian materi bidang sains seharusnya bukan dimonopoli oleh cara TUTUR dan KAPUR (saya meminjam istilah seorang penyaji) melainkan harus melibatkan sebanyak mungkin panca indera agar materi sains tersebut dapat disajikan dengan lebih menyenangkan.

Rancangan praktikum sederhana yang tidak mahal dan pembuatan materi ajarĀ  yang menarik merupakan dua hal yang dominan yang banyak dikerjakan dalam tugas akhir S2 pengajaran tersebut. Seperti yang dikatakan oleh Dekan FMIPA, S2 pengajaran ini adalah bentuk nyata kontribusi ITB untuk perbaikan mutu pendidikan menengah nasional.

This entry was posted in Opinion. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create