FI 5080 Semester I 2011-2012

Ketika kuliah baru dimulai di awal semester ini, ada satu pertanyaan dari peserta kuliah yang menanyakan apakah bedanya kuliah Fismat ini dengan yang dahulu pernah mereka dapatkan (saat kuliah S1). Pertanyaan ini mungkin diajukan manakala peserta tersebut menjumpai bahwa silabus dan buku rujukan matakuliah ini barangkali sama dengan yang dulu pernah ia dapatkan. Dengan adanya komentar/ pertanyaan itu saya mengasumsikan perkuliahan dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan cepat. Karena pertanyaan itu menyiratkan bahwa topik yang akan diajarkan bukan lagi barang baru bagi peserta. Saya beranggapan bahwa saya dapat memfokuskan perkuliahan pada detail-detail kecil yang mungkin terlewatkan dari pemahaman saat kuliah tingkat sarjana dulu. Tapi seiring berlangsungnya kegiatan perkuliahan, asumsi saya tersebut sedikit demi sedikit terbantahkan dengan sendirinya dan puncaknya adalah saat pelaksanaan UTS hari Rabu yang lalu. Jawaban yang disampaikan peserta sungguh jauh dari ekspektasi saya. Jawaban yang sungguh mengecewakan dan justru memberikan gambaran bahwa seolah-olah peserta sama sekali belum kenal dengan topik yang diujikan.

Jadi sekarang saya mungkin dapat memberikan jawaban atas pertanyaan peserta di awal perkuliahan dulu. Perbedaannya adalah pada soal yang diujikan.

This entry was posted in Education, Opinion. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create