Catatan kecil tentang pelaksanaan mata kuliah Ujian Kualifikasi

Dalam kurikulum S3 Fisika terdapat satu mata kuliah wajib yaitu FI7092 Ujian Kualifikasi. Mahasiswa S3 harus lulus matakuliah tersebut untuk dapat menyelesaikan Tahap I dan pindah ke Tahap II (Penelitian). Ada dua skema pelaksanaan matakuliah ini:

  1. Mahasiswa langsung mengikuti ujian tertulis yang disiapkan oleh Prodi S3. Materi yang diujikan adalah materi yang tercakup dalam silabus kuliah core fisika yaitu Elektrodinamika, Mekanika Statistik, Mekanika Analitik dan Mekanika Kuantum. Bila mahasiswa mencapai nilai tertentu dan dinyatakan lulus, maka yang bersangkutan dinyatakan lulus Ujian Kualifikasi. Mahasiwa mempunyai kesempatan dua kali mengikuti ujian dengan skema seperti ini. Jika telah mengambil dua kali ujian namun tetap tidak lulus, maka mahasiswa yang bersangkutan tidak dapat lagi melanjutkan studi S3 nya.
  2. Mahasiswa mengambil kuliah core fisika: Elektrodinamika, Mekanika Statistik, Mekanika Analitik dan Mekanika Kuantum dan mengikuti perkuliahan sebagaimana mestinya (perkuliahan reguler, bersama dengan mahasiswa S2) kemudian mengikuti ujian, dan jika nilai keempat matakuliah tersebut B maka mahasiswa secara otomatis dinyatakan lulus Ujian Kualifikasi.
This entry was posted in Education, News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create