Catatan Kecil Tentang Peralihan Tahap I ke Tahap II S3 Fisika

Berdasarkan kurikulum 2008, proses pendidikan S3 Fisika ITB terbagi dalam 3 tahap, yaitu Tahap I (Kualifikasi), Tahap II (Penelitian) dan Tahap III (Promosi). Tahap I harus diselesaikan maksimal dalam waktu 2 tahun (4 semester) sejak mahasiswa terdaftar sebagai peserta S3 Fisika ITB. Untuk menyelesaikan Tahap I dan beralih ke Tahap II, ada dua hal penting yang menjadi syarat yaitu:

  1. Lulus mata kuliah FI 7092 Ujian Kualifikasi (cek previous posting). Mahasiswa dinyatakan lulus mata kuliah ini jika:
    1. mendapat nilai minimal B untuk mata kuliah inti Fisika yaitu: Elektrodinamika, Mekanika Statistik, Mekanika Analitik dan Mekanika Kuantum, ATAU
    2. Mengikuti dan lulus ujian kualifikasi tertulis yang diberikan oleh Prodi S3 Fisika
  2. Lulus mata kuliah FI 7095 Penyusunan Proposal. Mahasiswa dinyatakan lulus mata kuliah ini jika proposal penelitian yang diajukan diterima dan disetujui oleh KPPs.

Jika kedua syarat tersebut telah terpenuhi, maka mahasiswa yang bersangkutan akan diusulkan untuk memasuki Tahap II (Tahap Penelitian).

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create