Hasil JJP di kampus ITB

Mahasiswa ITB terus bertambah setiap tahunnya. Tahun ini saja mahasiswa baru S1 ITB jumlahnya sekitar 3200 orang. Jauh lebih banyak dibanding jumlah mahasiswa baru yang diterima sekitar 20 tahun yang lalu yang hanya 1800 an. Dalam 20 tahun terakhir cukup banyak bangunan dan gedung-gedung baru yang dibangun, di tengah keterbatasan lahan yang ada di kampus Ganesha. Namun dari sekian banyak bangunan yang dibangun dalam 20 tahun terakhir ini ternyata tidak ada bangunan yang khusus untuk gedung kuliah. Bangunan-bangunan yang dibangun adalah untuk lab, kantor walaupun di beberapa bagian bangunan tersebut terdapat juga ruangan-ruangan yang diperuntukkan kegiatan perkuliahan. Tapi, tidak ada gedung khusus perkuliahan.

Setahu saya, gedung khusus perkuliahan yang terakhir dibangun adalah GKU Timur (dulu disebut sebagai GKU Baru, sebagai padanan dengan GKU Barat yang disebut GKU lama). Gedung itu dibangun awal tahun 90an, jadi sudah berlalu 20 tahun. Padahal saat ini semakin banyak dijumpai keluhan bahwa semakin susah mencari ruang kuliah yang dapat digunakan. Pemanfaatan ruang-ruang kuliah nampaknya telah dalam kapasitas penuh sehingga begitu kita ingin mencari ruang baru (karena peserta yang melebihi kapasitas atau karena ingin mengganti jadwal) susahnya setengah mati.

Jadi nampaknya memang ketersediaan fasilitas kuliah agak terabaikan, padahal jumlah mahasiswa S1 yang terus bertambah (yang mana hal tersebut berarti masih fokusnya ITB pada Pendidikan) seharusnya sejalan dengan penyediaan fasilitas perkuliahan. Laboratorium dan Pusat Penelitian memang juga sangat penting apalagi mengingat tujuan jangka panjang ITB menjadi PT Riset, namun hal itu seharusnya tidak menjadikan fasilitas pendidikan terkesan dianaktirikan.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create