Fismat dan CAS

Semester I 2014-2015 ini saya kembali mendapat tugas mengampu perkuliahan FI5080 Fisika Matematik untuk S2 Pengajaran Fisika. Pada kuliah semester ini, saya mencoba memberikan pendekatan baru dalam perkuliahan Fismat ini dengan melengkapi tugas-tugas kuliah yang terkait penggunaan CAS (Computer Algebra System). Ada banyak perangkat lunak CAS yang bisa diperoleh baik yang bersifat komersial (yang terkenal adalah Maple dan Mathematica) dan juga yang gratis (misalnya Axiom, Maxima, Sage, dll). Untuk alasan kepraktisan penggunaan, dalam perkuliahan semester ini saya menggunakan Maxima.

Dengan melengkapi kegiatan perkuliahan Fismat dengan pengenalan dan penggunaan CAS diharapkan peserta kuliah dapat bertambah wawasannya dan dapat mengembangkannya lebih lanjut untuk ditularkan dalam kegiatan pengajaran yang kelak mereka lakukan. Penggunaan CAS ini juga diharapkan mampu melengkapi dan memperkuat pemahaman analitik topik-topik matematika yang menjadi tools bagi pembelajaran Fisika.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create