Integrasi LyX dan Maxima

Operasi simbolik dapat dilakukan di LyX dengan mengintegrasikannya dengan penggunaan maxima.
Misalnya kita mengetikkan operasi sederhana penjumlahan di LyX (yaitu 2+3) maka hasilnya dapat diperoleh menggunakan Maxima. Caranya adalah sbb:

  1. masuk ke mode math dalam LyX (dapat dilakukan dengan mengetik CTRL+M ataupun CTRL+SHIFT+M) ini yang kita lakukan bila ingin mengetik persamaan atau simbol di LyX.
  2. ketikkan 2+3, lalu pilih menu Edit > Math > Use Computer Algebra System > Maxima. Secara otomatis LyX akan menghitung operasi aljabar tersebut sehingga yang akan tampil adalah 2+3=5

Yang dapat kita lakukan tidak sebatas pada operasi yang sederhana seperti tersebut di atas. Kita dapat melakukan pengintegralan dan juga diferensial (ini yang saya coba hari ini). Perintahnya dapat menggunakan perintah Maxima (misalnya “integrate(x,x)” untuk mengintegralkan) atau dapat juga dengan menuliskannya dalam bentuk simbol (menggunakan simbol integral yang ada pada LyX).

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create